Thursday 5 January 2012

Pentingnya Kelestarian Alam

Ingin sekali aku bisa berbicara kepada alam terutama kepada flora dan fauna mengajaknya bertemu beberapa pejabat dan penguasa yang tempatnya masih ada hutan yang tersisa dari tanah yang mereka tinggali,bisakah anda mengerti?
Sekarang lihat saja bumi tanah airku tempat aku dilahirkan telah menjadi dimana manusia menjajah habitat asli flora dan fauna di negeri ini hanya untuk mengenyangkan perut mereka, pikirkan dampaknya??

Contohnya saja penyu. orang-orang secara membabi buta melakukan perburuan pada spesies ini, mungkin mereka tidak sadar dampak yang ditimbulkan jika spesies ini punah atau mungkin mereka sudah menutup hati dan pikiran mereka demi urusan perut semata. Dampak kepunahan spesies ini pada ekosistem adalah melonjaknya populasi ubur-ubur yang menyebabkan berbagai masalah di banyak negara, seperti kita tau penyu merupakan pemangsa alami ubur-ubur karena mereka resisten terhadap racun ubur-ubur, namun sekarang populasi penyu sangat terancam karena perburuan liar dan sampah.




 Banyak kasus dimana penyu ditemukan mati dengan banyak sampah plastik dalam perutnya karna plastik menyerupai ubur-ubur dan dimakan oleh penyu hingga turut mengancam kelestariannya. sekarang siapa yang akan melakukan tugas itu menggantikan penyu?? karena Tuhan telah menciptakan dunia dengan keseimbangan. setiap spesies dibumi ini mempunyai tugasnya sendiri untuk menjaga siklus kehidupan seperti yang kita pelajari semasa sekolah mengenai rantai makanan.dampak lain adalah hilangnya keanekaragaman hayati, selanjutnya apakah kita yang masih hidup sementara di bumi ini membiarkan alam ini rusak begitu saja dan membiarkan anak cucu kita nantinya hanya akan melihat gambar spesies yang punah tanpa tau wujud aslinya?? ingatlah wahai saudara-saudaraku, Bumi ini adalah titipan bukan warisan, Tuhan menciptakan manusia untuk mengelola bumi bukan untuk menghancurkannya.


Tidak hanya kepunahan penyu yang memberikan dampak serius pada ekosistem tapi juga setiap flora dan fauna di bumi ini. ingatlah wahai anak cucu adam, jagalah keseimbangan ekosistem kita karena manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya tanpa alam dan isinya .Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya.

"kemajuan dan moral suatu negara dapat dilihat dari bagaimana cara mereka memperlakukan hewannya" (Mahatma Gandhi)

No comments:

Post a Comment